Sabtu, 08 Oktober 2011

EFEK KOMUNIKASI MASSA

Efek kehadiran media massa sebagai benda fisik menurut steven M. Chaffe ada 5(lima) jenis ;


1. Efek ekonomi

2. Efek sosial

3. Efek penjadwalan kegiatan sehari-hari

4. Efek hilangnya perasaan tidak enak

5. Efek menumbuhkan perasaan tertentu


Ad.1. Efek Ekonomi

Kehadiran media massa ditengah kehidupan manusia dapat menimbulkan berbagai usaha produksi, distribusi dan konsumsi jasa media massa. Kehadiran surat kabar berarti menghidupkan pabrik yang menghidupkan pabrik yang mensuplai kertas koran ; menyuburkan usaha percetakan dan grafika, membuka lapangan kerja bagipara wartawan, perancang grafis, pengedar, pengecer dan pencari ikla, dan sebagainya. Keberadaan televisi pemerintah maupun televisi swasta dapat memberi lapangan kerja kepada sarjana ilmu komunikasi, para juru kamera, pengarah acara, juru rias dan profesi lainnya.


Ad.2. Efek Sosial

Efek sosial berkaitan dengan perubahan pada struktur atau interaksi sosial sebagai akibat dari kehadiran media massa. Sebagai contoh, misalnya kehadiran televisi dapat status sosial pemiliknya. Majalah yang beredar telah menuntun pembacanya untuk memilih majalah yang menjadi kebutuhannya, misalnya majalah gadis umumnya dikonsumsi oleh para remaja putri, majalah otomotif dikonsumsi oleh para pecinta otomotif, dan lain sebagainya.


Ad.3. Penjadwalan Kegiatan Sehari-Hari

Sebelum pergi kekantor masyarakat pada umumnya membaca koran dahulu. Anak-anak sekolah dasar yang biasanya selalu mandi pagi pada hari minggu, setelah hadirnya acara televisi untuk anak2 pada pagi hari, mengubah jadwal mandi pagi menjadi jadwal menonton televisi. Pada waktu maghrib, anak2 biasanya mengaji setelah shalat menjadi lebih senang menonton televisi setelah stasiun televisi menyajikan acar hiburan tertentu pada waktu tersebut.


Ad.4. Efek Hilangnya Perasaan Tidak Nyaman

Orang menggunakan media untuk memuaskan kebutuhan psikologisnya dengan tujuan untuk menghilangkan perasaan tidak nyaman, misalnya untuk menghilangkan perasaan kesepian, marah, kecewa, dan sebagainya.


Ad.5. Efek Menumbuhkan Perasaan Tertentu

Kehadiran media massa bukan hanya menghilangkan perasaan tidak nyaman pada diri seseorang, tetapi juga menumbuhkan perasaan tertentu. Terkadang, seseorang akan mempunyai perasaan positif terhadap kompas dari pada media indonesia. Para ibu rumah tangga ada yang sering membaca harian kartini, tapi ada juga yang merasa senang membaca harian femina. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa tumbuhnya perasaan sengan atau percaya pada suatu media massa tertentu erat kaitannya dengan pengalaman individu bersama media massa tersebut.


B. Efek Pesan Media Massa

Penelitian tentang efek ini telah menjadi pusat perhatian berbagai pihak, baik para teorisi maupun praktisi. Mereka telah mencari dan menemukan media (saluran) yang paling efektif untuk mempengaruhi khalayak. Dalam bagian ini akan dubahas mengenai efek pesan media massa yang meliputi efek kognitif, efek afektif, dan efek behavioral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar